U2 Indonesia

Saturday, October 20, 2018

Apa kata mereka...

It's never about competing with other bands. We compete with ourselves, with the idea of not becoming crap like everyone else does. Because the only way you can justify living like this - with your fancy houses and no money problems - is surely not to be crap.  (Bono)

U2~clopedia

Beberapa artis yang pernah membawakan U2 cover version diantaranya: Pet Shop Boys, Pearl Jam, The Chimes, Muse, Keane, dan musisi seperti Cassandra Wilson, Joe Cocker & Johnny Cash.

Beberapa bulan lalu, di salah satu acara infotainment luar, aku sempat mendengar berita bahwa pada tanggal 16 Oktober 2007 Madonna telah menandatangani kontrak dengan Live Nation senilai 120 juta dollar untuk 10 tahun partnership (meliputi seluruh bisnis musik, baik itu rekaman, konser, merchandise, fan club, DVD, dsb).

Akhir bulan Januari 2008 yang lalu, kabarnya grup Rolling Stone yang akan mengeluarkan album baru telah menandatangani kontrak yang sama dengan Madonna; tentu saja nilai kontraknya belum tentu sama dengan Madonna.

Awal Februari ini…. Menurut harian Fox News, disinyalir Live Nation sedang melakukan deal dengan 2 grup besar lainnya.

Yeah… nama U2 muncul diantara rumor tersebut.

 

Rumor ini jelas cukup mengagetkan.

 

Sepanjang karirnya, bisnis musik U2 ditangani oleh Island Records dan Interscope; keduanya berada dibawah naungan Universal Music Group.

Sumber informasi yang diterima oleh Fox News menyebutkan bahwa release-nya album “How to Dismantle..” dan re-mastered Joshua Tree merupakan penggenapan kontrak dengan UMG.

Masih inget berita beberapa waktu lalu, ketika Paul McGuiness mengatakan bahwa ada 2 proyek yang akan dituntaskan oleh U2 dalam tahun 2008: penggarapan musik untuk teater musikal Broadway “Spiderman” dan album baru mereka tentunya. Bukan tidak mungkin jika kedua proyek tersebut akan dilakukan dengan kontrak baru bersama Live Nation.

FYI, aksi Broadway “Spiderman” ini akan di sutradarai oleh Julie Taymor yang sebelumnya telah menggarap “Across the Universe”

Jika akhirnya rumor tersebut benar, bahwa U2 akan bernaung dibawah Live Nation, aku berharap akan banyak bootleg yang bisa di release resmi. Kalau perlu mengeluarkan kumpulan bootleg dari tahun 1979 sampai 2006 (and counting); seperti yang sedang aku lakukan saat ini.

(sumber berita: Fox News, 2008)

Comments are now closed for this entry