U2 Indonesia

Sunday, November 19, 2017

my TOP-5 this month

9 Sept 2014 ~ at the moment (by admin)

  1. The Trouble
  2. Song for someone
  3. Raised by wolves
  4. Irish (hold me close)
  5. Every breaking waves

US: Platinum

UK: Platinum

AUS: Platinum

CAN: 2× Platinum

EU: Platinum

GER: Platinum

JAP: Gold

Worldwide: 5,000,000+

No Line on the Horizon, album rekaman ke-12 ini dirilis secara resmi pada tanggal 27 Feb 2009. Menilik pada rilis album sebelumnya pada tahun 2004, maka proses pembuatan album ini mencatat jeda waktu terlama dalam karir U2. Sebagaimana yang sudah digembar-gemborkan sebelumnya, mengenai keterlibatan Rick Rubin dalam album rekaman ke-12 ini, toh pada akhirnya album ini kembali ditangani oleh duet-maut Brian Eno dan Daniel Lanois, plus Steve Lilywhite.

Awalnya, memang U2 menginginkan album ini berbeda dengan album sebelumnya. Mereka pun telah melakukan sessi rekaman dengan Rick Rubin di Southern France dan Abbey Road Studio di London. Dua lagu dari session ini pun telah di rilis dalam album kompilasi U218; The Saints are Coming dan Window in the Skies. Namun dalam proses selanjutnya, Rick Rubin menginginkan U2 untuk membawa materi lagu yang sudah 100% selesai ke studio untuk mulai rekaman. Disinilah perbedaan mulai muncul.

U2 terbiasa untuk melakukan improvisasi-improvisasi dalam studio, sehingga mereka cenderung membawa unfinished material. Jadi ketika diminta untuk membawa materi lagu yang siap direkam, U2 akhirnya memutuskan untuk mengakhiri proses dengan Rick Rubin. Walaupun materi dan sesi ini ditangguhkan, namun U2 menyatakan akan kembali mempertimbangkannya diwaktu yang akan datang.

U2, Eno, dan Lanois mulai bekerja pada bulan Mei 2007.

Ketika Bono kemudian menerima undangan untuk menghadiri World Sacred Music Festival di Fez, Morocco, ia pun mengundang ke-3 rekannya plus Eno & Lanois untuk ikut hadir. Kelompok ini  menghabiskan waktu selama 2 minggu dan menghasilkan 10 lagu - 4 diantaranya; Unknown Caller, Moment of Surrender, White as snow, dan No line on the horizon merupakan lagu-lagu yang direkam dalam satu kali take selama sesi di Fez ini. Proses selanjutnya dikerjakan di 3 studio rekaman yang berbeda: Hanover Quay Studios Dublin, Platinum Sound Recording Studios di New York City, dan Olympic Studios di London.

Selama proses rekaman di Fez, U2 mengakui bahwa nuansa ethnic setempat sangat mempengaruhi musik yang dihasilkan. Namun, sebagian besar hasilnya kemungkinan baru dapat kita nikmati pada album berikutnya Wink

Tags:

Behind the song

"Songs of Innocence"

"Controversial as it was, the rollout of Songs of Innocence catapulted the band’s back catalogue into the charts again. By Sept. 18 Apple said that 38 million people had accessed Songs, downloading the album or streaming it.." - TIME magz, Sept issue 2014