U2 Indonesia

Sunday, November 19, 2017

my TOP-5 this month

9 Sept 2014 ~ at the moment (by admin)

  1. The Trouble
  2. Song for someone
  3. Raised by wolves
  4. Irish (hold me close)
  5. Every breaking waves

UK Chart Pos: [1] USA Chart Pos:[1]

Island Records, Producer: Brian Eno & Daniel Lanois

Masih ditangani oleh duet Brian Eno dan Daniel Lanois, U2 merilis album The Joshua Tree yang disepakati oleh banyak orang sebagai titik puncak kesuksesan U2, baik di Inggris maupun di Amerika Album yang menghasilkan hits macam Where the streets have no name, I still haven’t found what I’m looking for, dan With or Without you ini memuncaki tangga lagu di Amrik, Inggris dan seluruh penjuru dunia. Menurut majalah Rolling Stone, album ini berhasil menaikkan "kelas" U2, from heroes to superstars.

Dengan lebih variatif, subtil, dan sanggup menjaring pendengar musik mana pun juga, maka tak salah jika industri musik menganggap bahwa album ini pantas menjadi sejarah.

Beberapa kunci kesuksean album ini adalah: Kian absurd-nya Bono, makin malasnya The Edge memetik gitar, Adam Clayton yang kian mematenkan single note drive pada petikan bass-nya dan Larry Mullen Jr. yang telah menemukan gebukan khas-nya.

Judul album ini diambil dari sebuah pohon yang tumbuh di tanah berbatu Barat Daya Amerika. Kaum Mormon menyebut pohon melintir itu sebagai ‘praying plant’. Sementara Kitab Perjanjian Lama mengatakan itu adalah pohon yang menunjukkan jalan ke arah ‘Promised Land’.

 

The Joshua Tree tour dilabeli “The Rock’s Hottest Ticket” oleh majalah TIME dikarenakan 100 show diberbagai negara yang digelar oleh U2 selalu disesaki penonton.

Kesuksesan album ini dilengkapi dengan 3 Grammy pertama untuk U2.

  • Grammy pertama diterima atas kategori: Best Rock Performance By A Duo Or Group With Vocal pada acara 1987 - 30th Annual GRAMMY Awards.
  • Grammy kedua untuk kategori paling bergengsi yaitu: Album of the year, masih dalam ajang Grammy yang sama.
  • Grammy ketiga diperoleh U2 setahun kemudian dalam acara 1988 – 31st Annual GRAMMY Awards untuk kategori Best Performance Music Video atas lagu Where the streets have no name.

Dengan total penjualan sebesar 25 juta copy, Album ini termasuk dalam jajaran world's all-time best-selling albums.

Komentar:

“Banyak lagu dari album ini yang berawal dari kamar tidurnya Larry atau ruang tamunya Adam. Giliran direkam, kami seringkali ga ngasih respon serius terhadap materi-materi semacam itu. Pas dibiarin untuk bikin rekaman dengan gaya kami sendiri, outputnya adalah materi yang berupa demo. Kami harus ngotot-ngototan dulu buat memoles semuanya. Banyak banget yang akhirnya ga kepake. Soalnya kami ngerasa ga gitu. Buat album ini kami pengen bikin album yang utuh, ga seperti keilangan fokus ditengah-tengah …” – Bono

Tags:

Behind the song

"Songs of Innocence"

"Controversial as it was, the rollout of Songs of Innocence catapulted the band’s back catalogue into the charts again. By Sept. 18 Apple said that 38 million people had accessed Songs, downloading the album or streaming it.." - TIME magz, Sept issue 2014