U2 Indonesia

Sunday, November 19, 2017

Sebelum membaca tulisan dibawah ini, mungkin ada baiknya meluangkan waktu untuk membaca tulisan saya sebelumnya yang terkait:

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Sejak grup KLa (project) vakum dari musik tanah air, atau tepatnya tidak produktif lagi dalam memproduksi album, saya nyaris tidak memiliki grup band favorit asal tanah air. Sampai lahirnya album Taman Langit, ditahun 2003. Saya, adik-adik dan mama pun menjadi bagian dari sahabat Peterpan.

Saya bukan pencinta makanan cepat saji, apalagi jika menunya ayam. Jadi, saya biasanya hanya datang ke outlet Kentucky Fried Chicken (KFC) jika sudah sangat kepepet. Suatu kali saya ditawari membeli CD album di outlet KFC, kening saya langsung berkerut. Mengapa KFC jualan CD?

Seiring dengan perjalanan waktu, saya mengamati bahwa deretan artis yang menjual album mereka di KFC semakin banyak… Aaah, menarik! Jadi kita tidak perlu lagi khusus datang ke mall untuk membeli CD – mengingat toko kaset / musik seperti hal-nya Aquarius di Bandung sudah tidak ada lagi. Saya pernah mendengar ada toko musik digital di Paris Van Java (PVJ). Oh my… saya termasuk warga Bandung yang sangat jarang sekali mengunjungi PVJ karena jauh dan macet.

Jadi…, saya pun senang bukan kepalang waktu mengetahui bahwa album Noah Band akan dijual melalui outlet KFC! YAY! Kemudian… saya mulai berkhayal.

Semoga bukan khayalan tingkat tinggi, artinya suatu saat dapat terwujud.

 

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

KFC memiliki outlet yang tersebar diseluruh penjuru Indonesia. Ide penjualan album ini sangat menyenangkan, tapi mengapa tidak dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih besar lagi... Menjual lagu dalam vending machine. Iya, Vending Machine. Bukan untuk menjual minuman kaleng/botol, atau snack, tapi menjual lagu Smile

Dalam dunia khayal saya, konsepnya seperti ini…

Mesin jual otomatis

Saya pilih Vending Machine karena konsepnya adalah menjual secara otomatis. Hanya saja tidak mengeluarkan barang, melainkan mentransfer-nya kedalam device yang terkoneksi. Mesin ini mungkin serupa dengan mesin ATM yang memiliki layar dan tombol-tombol pilihan, berikut papan angka. Tentu saja mesin ini sudah menyediakan beberapa colokan kabel untuk device MP3 player, smartphone maupun USB, dibuat rapih seperti konsep ini:

Cara belanja

Untuk menghindari antrian yang lama karena acara pilah-pilih lagu, maka pembeli diwajibkan untuk mengakses situs “KFC music digital” guna mencari lagu pilihannya. Situs tersebut menyediakan database lagu yang bisa dibeli – konsepnya seperti memilih Nada Sambung Pribadi di situs-situs provider seluler. Mungkin yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan website ini, adalah agar mudah diakses melalui handphone (sebagian besar HP sekarang sudah bisa melakukan akses melalui browser kan?) Well, lebih sempurna lagi kalau ternyata website ini menjadi sebuah aplikasi untuk di instal di blackberry, android, dan IOS. Dengan demikian, ketika melakukan pembelian melalui mesin tidak ada lagi acara tunggu menunggu karena seseorang sedang asik memilih lagu.

Mengapa harus dalam mesin jual otomatis?

Mengapa tidak dijual melalui website KFC saja? Karena penjualan melalui website membutuhkan koneksi internet. Dan infrastruktur untuk itu belum merata.. jika ingin membeli satu album, masa harus menunggu tengah malam atau subuh sekali setiap kali mau membeli. Dengan melakukan pembelian melalui mesin jual otomatis, prosesnya hanyalah transfer file saja – lebih simple dan cepat.

Dari sisi produsen lagu, mungkin cara ini bisa mengurangi biaya produksi? Karena tidak perlu lagi membuat packaging yang akan mempengaruhi harga jual. Dengan demikian harga jual untuk konten musiknya dapat menjangkau anak-anak sekolah yang sanggup membeli pulsa seharga Rp. 10.000 per hari. Bagi penikmat musik seperti saya, yang tidak terlalu menikmati bentuk packaging (kecuali untuk U2 tentunya) kami hanya concern pada musik-nya to’. Titik.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Bagi para penggemar U2 yang sudah cukup mengenal saya, pastinya tau bahwa saya mengoleksi semua format Deluxe Eksklusif yang dirilis. Walaupun saya tidak tertarik untuk mengumpulkan merchandise dari grup lainnya, bukan berarti saya tida akan pernah membelinya. Saya sudah berniat akan membeli buku yang akan dirilis oleh Noah band (atau Ariel? Pokoknya buku “yang itulah”) karena penasaran terhadap isinya, hahaha…

Dengan konsep musik digital yang akan menjadi tren di masa yang akan datang, bentuk packaging cantik, unik, dan keren itu bisa diwujudkan dalam penjualan merchandise – seperti yang dilakukan oleh CherryBelle. Saya mendengar dari teman saya bahwa keponakannya mati-matian minta dibelikan CD Cherrybelle hanya semata-mata karena kemasannya yang unik. Indonesia memiliki segudang manusia kreatif, sebagian sudah berprestasi dalam lingkup internasional. Jadi saya selalu percaya bahwa Indonesia tidak pernah kehabisan ide kreatif.

Yaaaa… namanya juga berkhayal. Saya tidak jauh-jauh memikirkan detailnya sehingga mungkin di beberapa titik tidaklah semudah yang saya bayangkan. Pemikiran ini didasari pada beberapa kenyataan yang kurang nyaman bagi saya sebagai penikmat musik, seperti yang sudah saya utarakan dalam tulisan-tulisan saya sebelumnya.

Dengan adanya mesin jual otomatis untuk musik, saya harap kesulitan membeli musik online dapat teratasi – tentunya saya juga berharap mesin ini tidak hanya menjual lagu-lagu tanah air saja, hehehe…

Ayo… para lulusan ITB, ITENAS, dan lainnya.. mari membantu pendistribusian musik Indonesia dengan cara yang lain.. dan mewujudkan mimpi saya tentunya Cool Dengan semakin mudahnya kita melakukan belanja musik, diharapkan dapat mengurangi pembajakan – karena alasan kebanyakan orang membeli bajakan adalah karena lebih murah. Sekarang jika harga lagu sudah tidak lagi dipengaruhi oleh unsur packaging, dan kemudahan memperolehnya, mungkin pola pikir konsumen dapat ditata kembali.

Comments   

 
0 #2 @al_musca 2012-11-01 01:20
kalo ga salah ada deh vending machine iPOD. Jual iPOD+lagunya. Gagasan awalnya cuma karena byk traveler yg ngeluh "Oohh,, I forget my iPOD". Dibikin deh tuh vending machine buat mrk2 yg lupa bawa iPOD. :lol:
Quote
 
 
0 #1 @al_musca 2012-11-01 01:17
Kalo ga salah di beberapa airport di USA udh ada deh vending machine nya apple store. Jual iPod+download lagu di vending machine. Gagasan awalnya cuma karena banyak org yg traveling mengeluh "oh.. I forget my iPOD". :-)
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh