U2 Indonesia

Tuesday, June 19, 2018

Apa kata mereka...

It's never about competing with other bands. We compete with ourselves, with the idea of not becoming crap like everyone else does. Because the only way you can justify living like this - with your fancy houses and no money problems - is surely not to be crap.  (Bono)

U2~clopedia

Beberapa artis yang pernah membawakan U2 cover version diantaranya: Pet Shop Boys, Pearl Jam, The Chimes, Muse, Keane, dan musisi seperti Cassandra Wilson, Joe Cocker & Johnny Cash.

oleh Rahmat Hidayat

Banjarbaru, 4 April 2008

Sleep
Sleep tonight
And may your dreams
Be realized
If the thunder cloud
Passes rain
So let it rain
Rain down on me

Mmm…mmm…mmm…
So let it be
Mmm…mmm…mmm…
So let it be

Sleep
Sleep tonight
And may your dreams
Be realized
If the thundercloud
Passes rain
So let it rain
Let it rain
Rain on me

Taken From U2 – The Unforgettable Fire (1984)

Hari ini, 40 tahun yang lalu, seorang pejuang hak-hak sipil tewas mengenaskan. Sebuah pembunuhan politik, yang bukan kali pertama terjadi di negara yang mengaku paling demokratis sedunia itu.
Namanya Michael Luther King, Jr. tapi orang lebih mengenalnya sebagai Martin Luther King, Jr. Di post ini, saya akan menyebutnya dengan MLK.
Ia seorang pemuka agama, pemimpin gerakan kaum kulit hitam, penentang perang Vietnam, peraih nobel, dan mengakhiri hidup dengan cara yang sama dengan Abraham LincolnJFKJohn Lennon, dan bahkan Munir.

U2 secara khusus membuat dua lagu untuk MLK, yang pertama adalah Pride (In The Name Of Love) dan kedua adalah MLK, yang liriknya saya cantumkan di atas.

So, then, what makes MLK so special ?

Pertama, MLK berkulit hitam.
Dan beliau punya mimpi, kalau suatu saat anak-anak mantan budak seperti dirinya bisa mendapat hak yang sama dengan anak-anak mantan tuan tanah.
Beliau memperjuangkan dihapuskannya aturan yang tak rasional hak yang membuat orang kulit hitam di masanya tidak bisa pergi ke sekolah yang sama dengan orang kulit putih, harus menyerahkan kursi mereka ke penumpang kulit putih jika duduk di dalam bus, dan bahkan mendapat tempat buang air yang berbeda dengan orang kulit putih. Ia juga gigih menentang perang Vietnam, yang terbukti hanya mencabik-cabik bangsa dan kemanusiaan, tanpa hasil yang berarti.
Kerap keluar masuk penjara, tentunya karena aksi dan sikapnya yang tak mau berkompromi dengan pemerintah kala itu, hidupnya akhirnya harus berakhir dengan cara yang, well, sebenarnya sudah bisa diperkirakan semua orang.

Akan tetapi seperti ujar Bono, they took your life, but they could not take your pride. Kematiannya justru menjadi pemicu diakhirinya diskriminasi ras di Amerika. Mungkin saat ini masih ada beberapa tempat yang masih memasang plang “Whites Only”, tapi secara umum, warga kulit hitam sudah bisa memperoleh haknya dengan jauh lebih layak.
Kini kita bisa melihat Oprah Winfrey menjadi salah satu host tersukses.
Kini kita bisa melihat Will Smith menjadi salah satu aktor dengan bayaran terbesar.
Dan kini kita bisa melihat Obama bersaing menuju kursi presiden.

Dan semoga, dunia di masa depan bisa jadi tempat yang lebih bersahabat untuk semua orang, tanpa membeda-bedakan warna kulit, agama dan kebangsaan. Dan untuk harapan itulah, hari ini saya mem-post lagu ini.

Tags:

Comments are now closed for this entry