U2 Indonesia

Wednesday, December 13, 2017

Apa kata mereka...

It's never about competing with other bands. We compete with ourselves, with the idea of not becoming crap like everyone else does. Because the only way you can justify living like this - with your fancy houses and no money problems - is surely not to be crap.  (Bono)

U2~clopedia

Beberapa artis yang pernah membawakan U2 cover version diantaranya: Pet Shop Boys, Pearl Jam, The Chimes, Muse, Keane, dan musisi seperti Cassandra Wilson, Joe Cocker & Johnny Cash.

(ditulis oleh Kiki Fajriani, Padang, Indonesia)

Sebelumnya, sedikit tentang U2 dan sejarah mereka.

U2 adalah bandrock asal Irlandia yang beranggotakan Paul David Hewson atau yang lebih dikenal dengan nama Bono sebagai vokalis yang kadang merangkap sebagai pemain rhythm guitar, David Howell Evans atau yang dikenal dengan nama The Edge sebagai lead gitaris sekaligus backing vocalist, Adam Clayton sebagai bassist, dan Larry Mullen Jr. sebagai drummer. Band ini terbentuk setelah sang drummer menempel sebuah iklan yang kurang lebih berbunyi Drummer seeks musicians to form a banddi mading Mount Temple Comprehensive School, sebuah sekolah menengah atas di Dublin, Irlandia, tempat semua calon anggota U2 menimba ilmu pada saat itu. Iklan tersebut berhasil menarik minat enam siswa di antaranya David Evans bersama kakaknya, Dik Evans, seorang siswa pindahan bernama Adam Clayton, dua orang adik kelas Larry, Ivan Mc Cormick dan Peter Martin, serta Paul Hewson. Pertemuan pertama mereka dilaksanakan di dapur sempit rumah Larry di Rosemount Avenue, Artane, Dublin pada hari Sabtu, 25 September 1976. Peter Martin tidak lagi muncul setelah pertemuan pertama itu. Awalnya band ini dinamai Feedback, lalu dalam hitungan beberapa minggu berganti menjadi The Hype. Tidak lama setelah pergantian nama tersebut, Ivan Mc Cormick keluar dari grup. Nama The Hype berakhir setelah kakak The Edge, Dik Evans meninggalkan band ini pada tahun 1978. Setelah itu sampai seterusnya, band ini dikenal dengan nama U2.

Tahun ini, U2 genap berumur empat puluh tahun. Perjalanan mereka seperti dongeng. Tidak ada yang mengira bahwa mereka bisa sampai di titik ini, bahkan mereka sendiri. Lebih dari 170 juta copy album terjual, puluhan hits yang merajai berbagai tangga lagu, ratusan penghargaan termasuk 22 Grammy Awards yang memposisikan mereka sebagai band peraih Grammy terbanyak sepanjang masa, tur konser pencetak rekor, jutaan penggemar setia, kekayaan melimpah, dan empat pemuda dari kota Dublin yang sejak empat puluh tahun lalu bersama-sama merajut mimpi dan kini sudah bertransformasi menjadi musisi legendaris dunia.

Sudah 2 tahun web ini saya dalam keadaan in-active; yang memang sengaja saya lakukan untuk sementara waktu. Ini ada sedikit penjelasan dari saya Wink

Tahun 2004 saya memutuskan membuat weblog, yang tujuannya adalah membagi informasi mengenai U2 kepada sesama penggemar di Indonesia. Karna saat itu tidak banyak yang menggunakan smartphone dan akses internet masih terbilang mahal; sementara saya saat itu membawahi divisi IT yang memiliki ijin sbg Internet Service Provider sekaligus Network Access Provider. Jadi internet bukanlah hal yang sulit saya dapat saat itu.

Happy U2~37th Anniversary

Apa yang telah dicapai dan terus dilakukan oleh U2 hingga saat ini, secara statistik sudah tidak dapat disebut “anomali” lagi, melainkan mulai memasuki apa yang dipercayai sebagai suatu “keajaiban” dalam industri musik skala internasional.

Tiga puluh tujuh tahun tanpa pergantian personil, 150 juta kopi penjualan album, 22 penghargaan Grammy, pemegang rekor dalam perolehan tertinggi untuk pendapatan tur, maupun penjualan tiketnya (U2 360 degree tour) – hanyalah sebagian kecil dari prestasi yang ditorehkan dalam catatan karir mereka.

Selamat ulangtahun kebersaman, Larry, Bono, The Edge, dan Adam…

25 Sept 1976 ~ 25 Sept 2013

Tags:

Issue ini awalnya sangat menggelikan sekali. Tapi lama-kelamaan terasa menyebalkan.

Beberapa waktu lalu saya sempat mengangkat topik ini dalam salah satu postingan saya. Tujuan saya agar semua pertanyaan yang masuk lewat contact, blackberry messenger, maupun akun facebook saya bisa terjawab. Tapi bukannya berkurang, saya malah menerima semakin banyak pertanyaan serupa yang saya terima.

Saya katakan “issue” karena sampai saat ini berita kedatangan U2 untuk manggung di GWK, Bali pada Februari 2012 sangatlah tidak jelas, tanpa bukti dan tidak didukung oleh fakta-fakta yang ada. Mari kita mengurai beberapa fakta yang kita ketahui – bisa dicari dengan memanfaatkan search engine favorit kalian masing-masing

Kamu pasti familiar dong dengan lagu “On a day like this” milik Elbow… apalagi kalau pernah berdiri dibawah naungan the Claw (^u^)

Adam Clayton pun menyatakan dirinya sebagai salah satu penggemar Elbow dalam kutipan berikut ini: “Elbow akan tampil sebelum kami (U2 @Glastonbury, Juni 2011), mudah-mudahan saya bisa menyaksikan penampilan mereka dari sisi panggung karena mereka menciptakan musik yang sangat bagus”.

More Articles...

Page 1 of 2

  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  Next 
  •  End 
  • »