U2 Indonesia

Sunday, April 22, 2018

Banyak sekali yang terjadi akhir-akhir ini… Walaupun saya mengikutinya setiap hari, tapi saya masih kekurangan waktu untuk meng-up-date-nya disini.

Ketika U2 sedang tidak ada berita, rasanya saya dapat menghandle weblog ini dengan mudah. Tapi ketika album mereka sudah keluar; yang akan diikuti oleh rangkaian tur, sepertinya saya harus mempertimbangkan untuk menyewa jasa kelola weblog ini agar tidak berbenturan dengan aktivitas saya dikantor.

Anyway, mari kita mulai saja ringkasannya, sebagai penutup bulan Februari yang manis ini

8 Feb 2009, Staples Center, Los Angeles, USA

U2 membuka acara musik tahunan, 51st Grammy Awards dengan singel pertama mereka dari album NLOTH; “Get On Your Boots“. Bono membukanya dengan meneriakkan “the future needs a big kiss”.

11 Feb 2009, Berlin

Bukan dalam rangka promo album mereka, tapi The Edge dan Adam Clayton menghadiri acara premiere film “It Might Get Loud” sebuah film dokumentary mengenai gitar elektrik dari sudut pandang 3 orang gitaris: Jimmy Page, The Edge dan Jack White.

Dalam situs resminya, halaman depannya menuliskannya sebagai berikut: "It migh get loud; A documentary on the electric guitar from the point of view of three rock legends”

Bravo !

12 Feb 2009, Hanover Quay Studio, Dublin, Ireland

U2 memberikan sebuah “mini-concert” untuk tiga orang penggemar dari El Salvador. Ketiga penggemar yang beruntung ini kemudian menghabiskan beberapa jam bersama ke-4 personil. Lagu yang dimainkan untuk mereka adalah “No line on the horizon” dan “Breathe“.

17 Feb 2009, Officially errors

Universal Australia – entah untuk alasan apa – secara “resmi” menjual album NLOTH dalam format digital download. Dalam sekejap, bermacam-macam link download bertebaran di internet. Universal Australia sendiri akhirnya menarik kembali penjualan tersebut dalam rentang waktu 1-2 jam setelahnya, namun jelas sudah terlambat… dipastikan cukup banyak penggemar U2 sudah memiliki 11 lagu baru dalam iPod mereka.

Jika hanya sekedar ingin memuaskan rasa penasaran saja – karena sudah menunggu cukup lama – masih dapat diterima, asalkan para downloader ini tetap berkomitment untuk membelinya secara legal jika sudah tersedia.

Baik U2 maupun Universal Music berhak mendapat penghargaan dalam bentuk material atas apa yang sudah mereka hasilkan.

18 Feb 2009, Earl’s Court Arena, London, England

U2 kembali membuka perhelatan musik, kali ini giliran the Brit Awards. Penampilannya hampir serupa dengan yang mereka suguhnkan pada acara Grammy, masih membawakan singel “Get on your boots“. Yang sedikit membedakan, kali ini Bono menyelipkan melodi dari “God Save The Queen“.

Keterangan foto (atas): U2 diatas panggung

Keterangan foto (bawah): Bono, Ali & Eve (atas), The Edge & anak2 perempuannya, Arran & Holie (bawah)

19 Feb 2009, Shepherds Bush Empire, London, England

Sehari setelah acara Brit Awards, Bono memberikan kontribusinya terhadap sebuah konser amal yang kemudian disebut “War Child charity”. Dalam kesempatan ini Bono berkolaborasi dengan Coldplay bersama The Killers membawakan “All these things I’ve done” milik The Killers.

Sebagaimana tugas mereka dalam grup masing-masing; Brandon Flowers, Chris Martin, and Bono berbagi tugas dalam urusan vokal. Bono tidak hadir sendirian malam itu, ia ditemani Ali dan The Edge bersama Morleigh yang duduk dikursi penonton

21 Feb 2009, O2 World, Berlin, Germany

Wooow… untung U2 memiliki jet pribadi.. lihat saja perjalanan mereka. U2 membuka Echo Awards dengan “Get on your boots“. Videonya bisa ditonton melalui link ini.

23 Feb 2009, Studio Rive Gauche, Paris, France

Seorang teman di Paris menginformasikan bahwa U2 akan tampil dalam “Le Grand Journal”, sebuah program musik milik TV lokal.

27 Feb 2009, BBC Radio Theatre, London, England

U2 dijadwalkan tampil dalam acara BBC Radio 1.

Rangkaian promo masih akan terus berlanjut… coba saja intip sekelumit jadwal mereka untuk bulan depan..

2 – 6 Mar 2009: dalam salah satu acara talk show milik CBS, “Late Show with David Letterman”

6 Mar 2009: dalam acara “Good Morning America” milik ABC. Tidak tanggung-tanggung, ABC bahkan mendedikasikan sebuah mini-site untuk U2!

Luar Biasa!

Tags:

Comments are now closed for this entry