U2 Indonesia

Tuesday, June 19, 2018

Istilah Man of Peace dicetuskan pertama kali pada tahun 1999 dalam acara tahunanThe Annual World Summit of Nobel Peace Prize Laureates di Roma. Penghargaan tersebut diberikan kepada mereka yang dinilai memiliki kontribusi dan komitmen tinggi terhadap usaha-usaha perdamaian untuk skala internasional.

Penggagas ide ini adalah mantan presiden Uni Soviet, Mikhail Gorbachev, yang juga merupakan salah satu peraih penghargaan tersebut sebelumnya, sedangkan peraih Man of Peace lainnya adalah:

* 2002: Roberto Benigni
* 2003: Italian National Singers’ Football Team
* 2004: Yusuf Islam (Cat Stevens)
* 2005: Bob Geldof
* 2005: Ivan and Dawn Suvanjieff, Peacejam
* 2006: Peter Gabriel
* 2007: George Clooney, Don Cheadle
* 2008: Bono

Yup!!
Untuk tahun ini, Bono-lah yang dimahkotai sebagai Man of Peace 2008 berkat usahanya yang gigih memperjuangkan pemberantasan kemiskinan untuk Afrika.

Bertempat di City Hall Paris, 12 Desember yang lalu akhirnya dunia memberikan penghargaan yang layak bagi seorang vokalis grup rock yang kerap memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan;
Seorang vokalis yang tidak hanya berkoar-koar menyerukan pemberantasan kemiskinan & penyakit – tapi juga melakukan sesuatu bagi apa yang diperjuangkannya.

ONE CampaignDATA(RED) adalah bukti bahwa Bono bukanlah tipikal pejuang kemanusiaan dengan mengandalkan pidato semata.

Kemiskinan dan penyakit tidak membutuhkan pidato, tapi membutuhkan tindakan nyata untuk mengatasinya. Dan Bono secara konsisten telah membuktikan bahwa kepeduliannya tidak hanya tumpah dalam syair lagu semata atau pun sekedar aksi yang diteriakkan dari atas panggung. Tapi bukan berarti Bono melupakan kita yang menantikan album baru U2. Dua hari sebelum menerima penghargaan Nobel, Bono, The Edge, Larry & Adam terlibat pembuatan video klip baru di London bersama Alex Courtes.

Courtes bukanlah orang asing bagi U2. Sebelumnya ia bersama Martin Fougerol menggarap v-klip untuk lagu City of Blinding Lights dan Vertigo. Tentunya kita semua masih ingat bahwa ‘Vertigo’ di daulat sebagai ‘Best Short Form Video’ pada perhelatan Grammy Award di tahun 2005 yang lalu.

Detail dari pembuatan video klip terbaru ini memang belum banyak bocorannya. Tapi, saksi mata ditempat kejadian meyakini adanya keterlibatan marching girls lengkap dengan sepatu boot mereka.

Ketika The Edge menerima Q magazine untuk sebuah wawancara pada awal September lalu, sang gitaris terpaksa terlambat sekitar setengah jam karena sedang dalam proses mixing untuk salah satu lagu baru. Kepada Q magazine, The Edge menyebutkan judul lagu tersebut: Get On Your Boots.

Jadi….
Kemungkinan besar, single terbaru dari album ke 12 (studio’s album) nanti adalah … GET ON YOUR BOOTS.

Tags:

Comments are now closed for this entry